January 22, 2017

Suksesnya Talk Show Muslimpreneur #2



www.andinugraha.com - Hai sobat blogger. Gimana kabarnya ? Ditahun 2017 ini aku baru sempat menulis lagi di blog. Bukan berarti selama awal tahun ini gak pernah buka blog. Malahan setiap hari, tapi baru kali ini aku bisa menulis di blog lagi.

Setiap orang pasti punya kesibukan, entah itu kesibukan sekolah, kuliah, kerja ataupun yang lainnya, begitupun aku. Awal tahun ini aku dan teman-teman mengadakan salah satu event tahunan lembaga dakwah kampus atau biasa teman-teman kenal dengan LDK.

Baca juga : Resolusi Saya di Tahun 2017

Sejak 2014 aku tergabung di Lembaga Dakwah Kampus El Rahma Islamic Center. Mulai dari anggota hingga sekarang aku dipercaya sebagai divisi Media dan Jaringan. Senangnya bergabung dengan LDK itu selain banyak teman, dapat ilmu, dan pengalaman baru. Tahun 2014 kami berhasil mengadakan event tahunan yang pertama.

Dan alhamdulilah di tahun 2017 ini LDK EIC mengadakan event tahunan yang diberi nama Talk Show Muslimpreneur #2. Disini aku akan sedikit menceritakan bagaimana persiapannya hingga gladi bersih dan sukses acaranya. Acara ini kami beri tema : "Menjadi Muslim Mandiri Interpreneur dan Rahmatan Lil 'Alamin"

Beberapa bulan sebelumnya acara ini sudah kami persiapan. Desember 2016 persiapan untuk acara Muslimpreneur #2 terus dipersiapankan dengan matang. Pergantian tahun tidak mempengaruhi kami para panitia. Tanggal 02 Januari kami mengadakan rapat dengan BKLDK Yogyakarta.


Kebetulan di event ini kami bekerja sama dengan BKLDK (Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus), PRS (Pengusaha Rindu Syariah). Biar sahabat pembaca tahu, aku jelasin latar belakang Muslimpreneur ini.

Jadi Muslimpreneur merupakan gabungan dari kata Muslim dan Interpreneur dengan maksud menjelaskan kegiatan talk show kewirausahaan yang menjadikan Muslim seorang interpreneur sukses.

Suksesnya acara agenda Muslimpreneur perdana mendorong untuk mengadakan kembali kegiatan Muslimpreneur yang kedua, dengan memaksimalkan kuota peserta yang lebih banyak dari sebelumnya. Kemudian dengan memanfaatkan hasil evaluasi Muslimpreneur #1 dipastikan agenda ini lebih baik.

Menghadapi era MEA, umat dituntut mandiri dan berdaya saing Nasional maupun Internasional. Sehingga setiap Muslim dituntut mempunyai soft skill terkait kewirausahaan. Seorang Muslim tidak hanya ahli dalam hal akhirat, dalam urusan duniapun Muslim dituntut untuk sukses seperti yang sudah dicontohkan Rasulullah sallallahu'alaihi wasallam.

Dengan diselenggarakannya kegiatan Muslimpreneur #2, urgensi mencetak Muslim Interpreneur dapat diwujudkan bersama, akhirnya kami dengan menghadap ridho Allah Swt, acara ini menjadi salah satu sumbangsih kemajuan ekonomi umat saat ini, dan kami berharap kegiatan "Talk Show Muslimpreneur#2" turut serta menjadikan salah satu kegiatan yang dapat memajukan ekonomi bangsa.

Setiap acara pasti perlu pengorbanan, baik tenaga ataupun materi. Begitupun jika kita niatkan untuk ibadah, in shaa Allah semuanya menjadi pahala.

Tujuan Talk Show Muslimpreneur #2 ini adalah :
  • Membentuk masyarakat Muslim Interpreneur di Indonesia pada umumnya dan Yogyakarta khususnya.
  • Menanamkan nilai-nilai Islami kepada umat dalam berinterpreneur.
  • Membentuk komunitas interpreneur Muslim Indonesia yang mandiri.

Rapat perdana dengan BKLDK peserta yang daftar baru sedikit, masih bisa dihitung dengan jari. Ustadz First Syaoqi, atau lebih akrab dipanggil Ustadz Oqi, selaku ketua BKLDK Yogyakarta terus menyemangati kami. Meskipun dana belum terkumpul semua, peserta belum banyak yang daftar tapi kami yakin bahwa acara Muslimpreneur #2 ini bisa berjalan dengan lancar.

Tak lupa juga disela-sela rapat untuk saling mengingatkan jauhi laranga-Nya, khususnya untuk para panitia. Sempatkan juga shalat Dhuha dan Tahajud, agar Allah memudahkan urusan kita semua. Sebagai pengingat setiap harinya ada yang mengingatkan, H-10, H-9 dan seterusnya hingga hari H.

Ada yang mengingatkan di gurp WA dengan tulisan, ada yang dengan gambar ada juga yang membuat tulisan dikertas kemudian ditempel di mading kampus layaknya kalender. Setiap hari salah satu panitia menyobeknya untuk mengingatkan bahwa acara kami semakin dekat.

Begitu juga dengan rapat sore itu merupakan 12 hari menuju hari H Talk Show Muslimpreneur #2. Itu tandanya kami sebagai panitia harus lebih semangat lagi. Sebelum itu berbagai proposal dan famplate juga sudah disebarkan diberbagai Masjid dan kampus-kampus. Tak lupa juga buat share melalui media sosial.

Kegiatan talk show ini dilaksanakan pada hari Ahad, 15 Januari 2017. Menghadirkan dua pembicara Nasional yakni Bapak Ir. M. Karebet Widjajakusuma, MA dan Bapak Agung Nugroho Susanto, SH. Bertempat di Hotel Olympic Yogyakarta yang terletak di Jl. Sisingamangaraja no. 21 B Karangkajen Yogyakarta.

Hotel Olympic ini bisa dibilang belum lama di Yogyakarta. Awalnya aku mengira ketika dibangun akan menjadi tempat futsal. Karena besi-besi yang berdiri seolah seperti tempat futsal. Ternyata jadi hotel.


Foto diatas aku ambil ketika habis hujan, akhir-akhir ini memang sering sekali hujan. Baik itu pagi siang dan malam. Seolah aku bisa mengatakan Januari bersama hujan. Meskipun cuaca seperti itu yang datang untuk stady tour ke Yogyakarta terus silih berganti. Hampir setiap hotel selalu ada bus-bus stady tour. Begitu juga dengan hotel Olympic ini. Pagi dan sore selalu ada orang yang jualan di depan hotel. Mulai dari makanan hingga pakaian.

Baru kali ini aku memasuki hotel yang tinggi atapnya hampir sama dengan mobil. Bahkan aku loncat pun bisa memegang atapnya. Tapi tetap terasa aman dan terlihat rapih ketika parkir kendaraan. Cukup Tempat luas tempat parkirnya, mobil dan motor bisa dibawa masuk ke dalam. Sedangkan mobil bus diluar.


Malam harinya aku beli makanan tepat di depan hotel Olympic. Melihat suasana malam rasanya aku semakin yakin kalau acara Talk Show akan berjalan dengan lancar.


Kami juga mendapatkan donatur dari DiaryMahasiswa.com, Blogpintar.com, El Humaira Aksesoris HP, dan Yasika FM yang menyiarkan Talk Show Muslimpreneur #2 mulai dari tanggal 11-14 Januari 2017.

Kami juga mendapatkan kesempatan siaran radio langsung dengan PRS (Pengusaha Rindu Syariah) di MQFM Yogyakarta. Jika sahabat ingin melihatnya, silahkan klik saja foto dibawah ini.


Tidak semua panitia bisa ikut siaran di MQFM. Hanya Kholid sebagai ketua LDK EIC ditemani oleh Kholik selaku ketua pelaksana. Ditemani juga oleh Trian dari BKLDK dan Ustadz Komartin dari PRS. Berikut desain famplate acara Talk Show Muslimpreneur #2.


Hari demi hari para peserta yang daftar tak kunjung bertambah. Proposal demi proposal banyak yang belum goal. Hingga di hari ke 3 menuju hari H peserta yang daftar belum mencapai 100 orang. Kalau tidak salah hanya berjumlah 80-an orang saja.

Disitu kami terus mengompakan panitia agar terus bekerja sama untuk suksesnya acara. Mulai dari sering sharenya acara talk show baik secara langsung kepada orang ataupun via media sosial. Satu hari sebelum hari H jumlah pendaftar alhamdulilah sudah lebih dari 100 orang. Kami terus berusaha agar bisa berjalan sesuai rencana. Di sore harinya gladi bersih dilaksanakan.

Pertama kali masuk ke ruangan Talk Show aku langsung merasakan kesegaran AC yang marasuki badanku. Kursi-kursi biru yang menghiasi ruangan seolah seperti menyambut mahasiswa baru. Di hari itu kami mendapatkan kabar peserta yang daftar kurang lebih sampai 170 orang.


Karena kursi di hotel kurang, kami membawa kursi yang ada di kampus. Untungnya kursinya sama, hanya saja warna yang berbeda. Kursi kampus berwarna merah dan diletakan paling belakang. Selain warnanya yang berbeda, hal itu untuk membedakan mana kursi hotel dan kampus.


Kami semua berbegas membereskan kursi agar tertata rapih. Jarak antara kursi bagian kanan dan kiri sengaja dipisah jauh. Karena itu sebagai jarak antara laki-laki dan perempuan.


Ketika galdi bersih, pembina LDK EIC juga ikut hadir, Bapak Irfan Nurudin. Meskipun hujan, alhamdulilah pembina dan panitia masih bisa datang demi menyukseskan acara.


Banner yang terpasang rapih di depan membuat suasana menjadi indah. Kursi khusus pembicara yang kami bawa langsung dari kampus. Kursi tersebut merupakan kursi andalan dimana setiap acara tahunan LDK EIC selalu digunakan. Selain terlihat elegan kayunya juga kokoh.


Sound satu persatu pun dicek, tak lupa juga proyektor kami persiapan dan dicoba. Karena proyektor sangat penting bagi jalannya acara. Yang dibelakang bisa melihat langsung apa yang disampaikan pembicara.


Setelah semuanya selesai. Ashfi dan Estu sebagai MC melanjutkan latihan. Aku rasa mereka sudah terbiasa bicara di depan umum. Terlihat sangat tenang dan santai.




A video posted by LDK El Rahma Islamic Center (@ldkeic) on

Setelah selesai acara gladi bersih kami semua kembali ke kampus untuk rapat. Di rapat tersebut kami mengevaluasi lagi setiap divisi agar lebih matang mempersiapkan acaranya. Dihadiri juga oleh BKLDK.

Di rapat tersebut kami mendapat kabar dari pembina ada tambahan peserta dari UAD (Universitas Ahmad Dahlan). Jadi total peserta kurang lebih sampai 250 orang. Jadi harus menambah kursi lagi. Karena malam itu hujan, jadi tidak memungkinkan menambahkan kursi lagi ke hotel. Kami putuskan besok pagi untuk menambah kursi peserta yang kurang.


Setelah rapat selesai kebetulan bersamaan dengan suara adzan Maghrib berkumandang. Rapat pun ditutup dan dilanjutkan shalat berjamaah. Setelah itu sebagian panitia menginap di aula kampus untuk mempersiapkan acara. Mulai dari konsumsi, tanda panitia, sertifikat hingga dorprice sekalipun.

Tidak semua panitia menginap, terutama perempuan. Meskipun demikian, mereka tetap mempersiapaknnya dengan matang. Ada salah satu yang menyiapkan almamater untuk acara besok.


Ada juga yang mempersiapkan kartu tanda peserta. Mulai dari ngeprint hingga memotongnya satu persatu. Tak lupa juga ngeprint piagam penghargaan untuk pembicara.


Aku sendiri tidak menginap, pulang kurang lebih pukul 22.00 setelah hujan reda. Beberapa panitia yang menginap tidak langsung istirahat. Ada yang sibuk bermain gadget, game dan ada juga yang asik makan.


Keesokan harinya ketika hari H. Kami berkumpul tepat pukul 06.00 di aula kampus. Aku pun berangkat dari kost dengan tepat waktu. Pagi itu cuaca tak mendukung, acara tahunan kami dibarengi dengan rintikan hujan. Aku berharap para peserta tetap datang. Aku juga salut ada salah satu perseta yang datang jauh-jauh dari Solo.

Karena sertifikat belum kami print, beberapa panitia mengeceknya lagi. Takut ada desain dan nama yang salah. Karena bagaimana pun kami ingin sertifikat dibagikan langsung ketika acara selesai. Kecuali untuk peserta dari STMIK El Rahma dihari Senin.


Piagam penghargaan yang akan diberikan pembicara juga tak lupa untuk dipersiapan. Dilapisi bingkai terlihat lebih indah. 


Penanda untuk panitia juga tak lupa dipersiapkan agar para peserta tahu mana panitia dan mana yang bukan. Meskipun sudah terlihat dari pakaian yang dikenakan, tapi penanda ini juga penting.


Entah siapa yang menuliskan namaku di kartu penanda panitia ini. Sebelumnya terimakasih sudah mau menuliskan. Tapi aku ingin menuliskan sendiri sebenarnya, agar lebih bagus saja menurutku. Di Talk Show ini aku dipercaya sebagai divisi Pubdekdok. Bagian dokumentasi para peserta dan pembicara. Jadi akan lebih sering terlihat oleh pembicara dan peserta. Karena tugasku untuk mengabadikan foto dan video.


Panitia perempuan juga tak kalah sibuknya. Mempersiapkan kotak snack, makan untuk pembicara dan ruangan break fast untuk pembicara sebelum acara dimulai.


Sebelum berangkat ke hotel, Kholid sebagai ketua LDK EIC ingin mengabadikan foto sebelum acara. Kalau dilihat dari gaya dan senyumnya menggambarkan bahwa acara ini akan sukses.


Setelah persiapan di aula selesai kami semua bergegas membawa bingkai penghargaan untuk pembicara, sertifikat dan dorprice. Sesampainya di hotel sudah ada mobil bus yang parkir di depan hotel. Pun para pedagang pakaian sudah banyak.



Sesampainya di dalam hotel, kami merapihkan kursi untuk peserta. Sebagian panitia ada yang menata dan ada juga yang membawa kursi dari kampus. Meskipun gerimis aku yakin para peserta akan datang nantinya.


Untuk perempuan menyiapkan stand pendaftaran dan pembagian snack untuk para peserta yang datang. Stand pendaftaran kami siapkan dua meja untuk memisahkan antara laki-laki dan perempuan.


Untuk dorprice di acara ini kebanyakan diberi oleh para donatur. Ada puluhan buku, beberapa buku dari DiaryMahasiswa.com, ada juga 20 slot hosting dari Blogpintar.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dorprice yang kami sediakan untuk para peserta awalnya akan diberikan kupon atau tulisan untuk para peserta yang beruntung dengan cara disimpan di bawah kursi. Tapi karena ada kesalahan teknis dan para peserta sudah padat memasuki ruangan. Jadi kami berikan di kotak-kotak makanan.



Pukul 08.00 sudah ada beberapa peserta yang datang. Baik itu perempuan ataupun laki-laki. Peresta perempuan terlihat lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki.


Diantara semuanya 250 peserta. Laki-lai mungkin hanya 70-an orang. Selebihnya perempuan. Ashfi dan Estu merupakan MC pembuka, sedangkan MC yang membimbing berjalannya acara adalah Kang Agus dari PRS.



Di sesi pertama pak Agung Nugroho Susanto yang memberikan materi terlebih dahulu, kemudian pak Karebet Widjajakusuma. Dan terakhir diisi dengan coaching yang disampaikan oleh Ustadz Komartin dari PRS (Pengusaha Rindu Syariah)


Aku sendiri tidak begitu menyimak apa yang disampaikan pembicara. Karena aku keluar masuk ruangan, kalaupun di dalam sudah tertinggal materi. Tapi ada beberapa yang aku tangkap jika kita ingin bisnis harus sesuai dengan syari'ah.

Sahabat mungkin bertanya, kenapa harus sesuai dengan syari'ah ?
Jadi jika bisnis yang kita jalankan sesuai syari'ah berarti bisnis yang mengedepankan kejujuran dan keadilan. Setiap muslim yang berbisnis sesuai syar'ah merupakan kewajiban dari Sang Pencipta.
Bisnis juga merupakan amal manusia yang terkait dengan pengelolaan harta benda yang saling berhubungan dengan manusia lainnya. Sedangkan Allah SWT telah mewajibkan setiap muslim untuk selalu memperhatikan setiap perbuatannya tanpa terkecuali, termasuk di dalamnya aktivitas bisnis untuk dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

  
Ketika sesi terakhir Bapak Ir. M. Karebet Widjajakusuma, MA mengisi, beliau juga memperkenalkan murid sekaligus asistennya yang berhasil mencapai keinginannya. Dia peremuan, salah satu peserta Talk Show Muslimpreneur #2 ini. 


Aku lupa namanya siapa yang jelas dia bercerita tentang perjuangannya ketika ingin berangkat ke Jepang. Kalau tidak salah waktu dia kelas 3, kemudian semua angkatannya gimana caranya berangkat ke Jepang. Dengan biaya kurang lebih 850jt. Dia dan teman-temannya mengirimkan proposal ke garuda indonesia.

Pernah juga dia dan teman-temannya berjualan risol keliling. Biaya ke Jepang yang seharusnya satu orang 11jt-an mereka berhasil karena proposalnya goal jadi cuma 6,5jt. Selengkapnya bisa dilihat video dibawah ini.


Kemudian disesi penghujunag Talk Show Mislimpreneur #2 ini ada sesi coaching bisnis dari PRS. Disampaikan oleh Ustadz Komartin. Jadi bagi para peserta yang mau ikut coaching ini jangan dulu pulang. Bagi yang punya android juga bisa langsung daftar di bit.ly/coachingprs


Setelah terkumpul siapa saja yang ikut coaching bisnis. Mereka berkenalan terlebih dahulu kemudian dilanjutkan coaching. Laki-laki dan perempuan tentu dipisah tidak disatukan.

Sahabat masih penasaran dengan 2 pembicara yang mengisi Talk Show ?
Baik, aku akan memperkenalkan sedikit 2 profil pembicara keren yang mengisi Talk Show Muslimpreneur #2 ini.

Ir. M. Karebet Widjajakusuma, MA


Beliau merupakan Direktur SEM Institute Jakarta, Direktur Yayasan Insantama, Motivator Nasional, Praktisi Bisnis Syariah dalam Bidang Riset dan Konsultan Trainer Nasional.

Sebenarnya ketika Talk Show ini aku baru tahu Bapak Ir. M. Karebet Widjajakusuma, MA. Sepertinya memang aku saja yang kurang gaul sehingga baru tahu beliau. Ketika acara berlangsung ternyata beliau juga penulis buku. Biasanya setiap ngisi seminar selalu membagikan buku yang jumlahnya ratusan. Namun ketika Talk Show kemarin bukunya habis belum cetak lagi. Jika sahabat ada yang tahu lebih dengan beliau tulis di kolom komentar ya.

Sempat ingin lebih tahu siapa beliau melalui internet, tapi mbah google tidak memberikan informasi yang cukup lengkap. Tidak seperti pembicara yang kedua yakni bapak Agung.

Agung Nugroho Susanto, SE


Nama beliau sudah tidak asing lagi ditelingaku. Mungkin bagi sebagian orang yang tinggal di Yogyakarta juga sama. Beliau adalah rajanya laundry. Pendiri Simply Fresh Laundry.  Sekarang sudah ratusan cabang di seluruh Indonesia. Ketika ngisi materi kalau tidak salah sudah mencapai 300 cabang di 100 kota.

Beliau juga memiliki Simplyware Studio, FreshLab, Simply Prime, Simply Land Property, Simply Homy Guest House. Selain itu beliau seorang penulis buku. Dulu aku pernah menjadi salah satu reseller bukunya yang berjudul "Jurus Jitu Membangun BISNIS BERKAH OMSET MILYARA", saat ini buku yang kedua beliau sudah keluar dengan judul "Jurus Buka Ratusan Cabang Tanpa Riba".

Tak lupa juga doa di penghujung akhir yang dilantunkan oleh Habibi Ahmad, salah satu panitia Talk Show Muslimpreneur #2.


Bagi sahabat yang ingin lebih tahu siapa bapak Agung Nugroho Susanto, silahkan cari saja di google pasti banyak. Mulai dari beliau kuliah, membangun bisnisnya hingga menjadi seorang milyader hingga saat ini.

***

Sebelum semuanya meninggalkan ruangan, para pembicara dan Rektor STMIK El Rahma Yogyakarta mengabadikan foto terlebih dahulu. Namun sebelumnya pembagian piagam penghargaan kepada para pembicara oleh Eko Riswanto M.Cs selaku rektor STMIK El Rahma Yogyakarta.

Namun tidak ada fotonya. Foto yang aku upload di blog ini diambil dari handphoneku. Sedangkan selama aku mendokumentasikan acara menggunakan DSLR, belum minta fotonya.


Setelah semuanya meninggalkan ruangan, kami para panitia juga bergegas turun ke lantai satu untuk melaksanakan shalat Dzuhur. Setelah itu masuk lagi ke ruangan untuk diskusi bersama Bapak Ir. M. Karebet Widjajakusuma, MA. Kebetulan beliau pulangnya lebih lama dibandingkan Bapak Agung. 

Diskusi kali ini khusus panitia saja. Waktunya tidak lama seperti Talk Show sebelumnya. Pukul 15.00 sudah selesai. Sebelum selesai kami mengabadikan foto bersama terlebih dahulu.



Itulah kegiatan selama acara Talk Show Muslimpreneur #2 kemarin. Memang yang aku ceritakan tidak detail, tapi setidaknya ini merupakan kegiatan untuk meyambut awal tahun 2017 ini. Gimana kegiatan sahabat diawal tahun ini ? Tuliskan dikolom komentar ya :)

Artikel Terkait

Founder DiaryMahasiswa.Com Hobinya Jalan-jalan, makan, bersepeda dan membaca | Penulis 5 Judul Buku | Bisa dihubungi : PIN : D097B234 | SMS/WA 085723741831

150 Komentar dari sahabat Andi Nugraha

Semoga kedepannya makin sering nulis dan update di blog ....

ini sudah sangat mendetail mas andi, dimulai dari persiapan samapai acara ini sukses dilaksanakan sudah dijalaskan oleh mas andi. lumayan nih buat refrensi kalau mau bikin acara serupa. belum lama ini aku sempet jadi panitia sebuah seminar internal di kampus, tapi terpaksa gagal kareana banyak faktor.

Wah keren acaranya, kalau dekat pengen ikut lah..hee

Pengalaman yang luar biasa, bisa mendapatkan ilmu yang luar biasa diawal tahun ya mas..

Betul mas, emang banyak bgt pengalaman atau ilmu yang didapat di organisasi. Semoga terus bs mengadakan acara yang bermanfaat ya..

Setuju dengan ini, betul sekali bisnis itu harus sesuai dg syariah karena segala perbuatan kita akan dipertanggung jwabkn nantinya..

Wah, kalo liat dan baca ini, saya jadi ingat waktu jadi ketua panitia Sanlat di Sekolah dulu, sibuknya bukan main, sulitnya adalah waktu itu belum ada handphone, jadi kita kesulitan kalau mau menghubungi seseorang teman panitia. Kalo sekarang mah sudah canggih ya, komunikasi sudah okay banget.

Ini pasti persiapannya lebih susah daripada osis.....wkwkwkwkwk :v

Aku sering diundang ke acara seperti itu dan ternyata sangt sulit mempersiapkannya.

Lumayan ini bisa jadi referensi buatku jika suatu saat aku mau mengadakan acara seperti ini......hehe

pengen ikut acara yang beginian, soalnya dari dulu emang kepengen jadi pengusaha...
tapi sayangnya, gue kagak pernah denger ada acara kayak gini dikota gue....

padahal acara kayak gini kan bagus, mengajarkan jadi pengusaha yang baik

dari 250 peserta cuman 70 org laki lakinya
mungkin para perempuan mikir, dari pada diam dirumah nunggu suami kerja, mending buka usaha... terus ikut acara ini deh :D

alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, selamat dan sukses untuk acaranya ya, membuka lembaran tahun ini dengan jesuksesan sebagai tugas kepanitiaan bagian dokumentasi, semoga selanjutnya akan ada kesuksesan lainnya

selamat ya sukses acaranya, sebagai panita bagian dokumentasi ya, dalam berorganisasi tentu ada suka dan dukanya, tapi lebih banyak sukanya tentu karena tidak semua orang bisa bergabung dalam organisasi, ini bisa menjadi kebanggaan dan bisa menginspirasi bagi orang lain

selamat ya sudah sukses acaranya, semoga bisa menginspirasi
dalam berorganisasi banyak hal yang bermanfaat dan menyenangkan yg bisa kita rasakan

Tulisannya panjang banget mas, detail dari awal hingga akhir.

Bisa jadi salah satu panitia di acara muslimpreneur membanggakan juga ya mas, selain dapet pengalaman bisa dapet ilmu juga kan.

Mumpung masih muda harusnya bisa jadi pengusaha sih, seperti cita-citaku saat ini, tapi masih belum terwujud.

Sebuah event pastinya sangat melelahkan apalagi menjadi panitia. Tapi hasilnya memuaskan dan lelah itu terobati.

Selamat ya, mas, event berjalan lancar.

Cieh yang sekarang sibuk jadi panitia acara...

Semakin banyak acara talk show bisnis bagi kalangan muslim khusus nya kaum muda seperti ini saya yakin akan menghasilkan generasi muslim yang memiliki jiwa enttrepreneur yang tangguh moga mas andi bisa seperti itu

Idenya seruuuuu
di yogya pulak #jadi kangen Yk hikkksss... baru tahu kalo mas Andi wong yogya to?
Semoga acara2 kayak gini bisa ada saban tahun ya.
Memang paling rempong persiapannya. Kalo pas acara sih udah ayem ya. Persiapannya yg butuh fokus dan kerja team yg bagus.

Oh ya aku follow blognya, folbek ya :)

acara-acara seperti ini harus sering lebih di adakan ya, karena manfaatnya begitu banyak, sekalian silaturahmi ya.

menjadi muslim entrepreneur pasti jadi lebih menyenangkan

Aamiin,, mudah-mudan terus bisa berbagi cerita di blog sederhana ini :)

Terimakasih Puti Andini :)
Bisa tuh buat referensi put..
Bisa direncanakan lagi tuh, dan dipersiapkan dengan matang, agar acaranya bisa berjalan dengan lancar :)

Hehe.. semoga ada acara yang nantinya dekat dan bisa dijangkau ya mas.

Detail sekali nih mulai dari prsiapan hingga selesai. Pengalaman yg gk bisa dilupakan pasti ya mas.
Sukses trus buat LDK EIC..

Aamiin, betu sekali mba. Awal tahun yang baik :)

Hallo mas Andi. Semoga sehat selalu, ya mas. Sudah lama nggak aktif. Masih sibuk perbaikan.

Btw, mas Andi ceritanya jadi team panitianya, ya mas. Syukurlah, kalo acaranya bisa sukses. Meskipun menghadapi acara itu nggak mudah, tentunya ini akan menjadi hal yang akan sangat berkesan bagi mas ANdi.

Dan setidaknya dari pengalaman mas Andi ini, jadi tau banyak tentang muslim preanur.

Tentu, karena sekecil apapun perbuatan kita di dunia pasti akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah kelak :)

Wah jadi nostalgia ya mas Hen :)
Betul mas, tenaga dan waktu harus dikorbankan. Tapi dari itu semua kita merasa senang :)

Tak terbayang dulu belum ada handphone gmana mas, kalau sekarang mah serba mudah, bisa bikin grup di WA, BBM, dan yang lainnya..

Tentu dek Attar.. Siapa tahu suatu saat jadi panitia atau bahkan ketuanya untuk mengadakan acara seperti ini. Semoga bisa membantu tulisan ini :)

Aamiin, semoga terwujud jadi pengusaha ya ams Azhie :)
Mudah-mudahan dilain waktu bisa datang ke acara yang seperti ini atau tidak nantinya mas Azhie sendiri yang mengadakan acara seperti ini di kotanya (y)

Betul mas, mungkin saja seperti itu. hehe
Tapi waktu itu diadakan dihari Minggu, berarti suaminya kemana, pasti tidur.. Haha

Alhamdulilah, terimakasih Maya :)

Betul, suka dan duka itu pasti. Tapi dari itu semua kita dapat pengalaman dan pelajaran terutama ilmu yang bermanfaat :)

Aamiin.. Terimakasih Maya..

Alhamdulialh mas, memang itu ceritanya.. hehe
Itu juga belum semua, kalau semua bakal lebih panjang lagi :)

Betul mas, semoga segera terwujud jadi pengusaha ya mas Santo Ahmad.. aamiin..

Betul mba Lisa Nel :)
Alhamdulilah lancar, terimakasih..

Haha.. udah kelar mas acaranya :>)

Aamiin.. Terimakasih mas Dwi Sugiarto :)

Ayo maen ke Yogyakarta lagi mba :)
Sebenarnya saya asli Ciamis mba, tapi untuk saat ini berdomisili di Yogyakarta :)

Aamiin, iya persiapannya memang melelahkan, tapi kalau udah bisa berhasil dan sukses. Senangnya luar biasa ...

Sudah mba, sudah di follback tadi :)

Betul, bisa jadi event bulanan juga ya. Gak nunggu tahunan. hee

Betul, semoga kita semua bisa menjadi Muslim Enterpreneur. aamiin..

semoga dengan adanya talkshow muslimpreneur ini wirausaha bisa menerapkan nilai-nilai islami dalam bisnis

Tentu tak bisa dilupakan mas, justru ini merupakan serajah selama aku ikut di LDK :)

aamiin, terimakasih mas Rendi..

Hallo juga mas Heru :)
Alhamdulilah sehat mas. Iya nih mas, aku sering tengok ke tulisanwortel tapi masih perbaikan.. hee

Betul mas, aku jadi panitia sekaligus dokumentasi gitu. Berkesan dan bersejarah dalam LDK ini mas. Karena ini merupakan acara tahunan terbesar. Semoga kedepannya terus ada :)

Aamiin, terimakasih mba Dewi Elsawati :)

nggak nyangka...baca dari atas nyampe bawah... salut buat mas andi yg sudah menulis sebagus ini walau ada sedikit kurang huruf,itu di maklumi,hehe...lajutkan mas andi menulis nya,terus berkarya...dan tetap di jalan dakwah ini...pkok nya salut..selalu ada yang wah dalam setiap ukhuwah..

amin amin...
dalamin ilmu usaha bener bener dulu... pas dah mulai dalem tetep aja gak bisa bikin acara sekeren ini

hahaha, mungkin saja :D
hari minggu hari yang tepat untuk tidur seharian :D

Wah, keren banget nih acaranya. Kayaknya perlu juga diadain di seluruh Indonesia. Semoga dengan acara semacam ini mampu meningkatkan jumlah pengusaha muslim. Selamat atas terselenggaranya dan suksesnya acaranya, mas.

keren mas, suka baca tulisannya, :)

Yakin aja mas bisa, tapi mungkin butuh waktu yang cukup lama, terutama persiapan :)

Jangan-jangan mas Azhie Minggunya buat tidur seharian.. wkwk

wah keren.. dapet ilmu agama, duniannya juga
setuju banget, kalo urusan bisnis harus sesuai syariat islam.... gak boleh ada unsur ribanya apalgi nipu.. biar rezeki kita tetep barokah juga tentunya... sukses yaa

Sepertinya kamu berhasil menceritakan acara hebat itu mulai dari persiapan matang hingga akhir acaranya. Postingannya jadi menarik karena kamu juga menambahkan ilustrasi yang keren. Tapi gue sebagai orang non-muslim bisa gak ikutan acara beginian?

Keren mas, kapan acaranya mampir di semarang?

acara yang luar biasa... dan sukses untuk semuanya ya,, ammin

Waahh, jd panitia acara gtu rasanya gmn sih? Seumur2 dri jaman skolah aku ga prnah aktif atau jd panitia bginian deh :'D psti capek tp ttep seru yaahh!

Penting sih adanya seminar tntang enterpremeur muslim gini, supaya tau cara berbisnis berbasis syari'ah, dan yg psti halal:)

Eh, btw itu piagam buat pembicaranya? Kirain ada smacem kuis trs yg menang dpt hadiah gtu.. Hehe. Bkan yah?

Alhamdulilah, terimakasih sudah baca Selfia Destiana :)
Hehe.. tadi mencoba diperiksa lagi mana yang typo.. hehe

In shaa Allah always nulis terus :)
Betul, selalu ada yang wah disetiap ukhuwah :)

Semoga ada di seluruh Indonesia ya mas :)
Aamiin, terimakasih mas Achmad Muttohar :)

Terimakasih mas Rifai Anan. Silahkan jalan-jalan disini terus mas :)

Aamiin, terimakasih mas Arif Budiharjo :)

Nah itu dia mas, dosa paling ringan riba aja seperti menzinahi ibu kandungnya sendiri. Nauzubillah..
Semoga kita semua bisa menjadi pengusaha yang mandiri dan rahmatan lil'alamin.. aamiin..

Harus banyak belajar kayaknya nih sama mas andi. Saya jugs ingin menjadi kepanitiaan di acara yang kayak gitu

Terimakasih mas Alden Peter.
Bisa kok mas Alden, kemarin juga ada peserta non muslim yang hadir.

Terimakasih mas Martin :)
Acara Talk Show Muslimpreneur #2 kemarin memang acara agenda tahun LDK EIC. Jadi acara ini cuma diadakan oleh LDK EIC. Jadi kalau untuk ke Semarang sepertinya belum bisa.

Atau mas Martin kalau mau ngadain bisa, undang saja pembicara yang sama, Bapak Agung Nugroho Susanto dan Bapak M. Karebet Widjajakusuma mas..

Aamiin, terimakasih Muhammad Isya :)

Rasanya senang, bahagia. Walaupun pada kenyataannya melelahkan. Tapi wajar karena yang namanya kegiatan perlu pengorbanan tenaga. Tapi dibalik itu semua kebersamaan dalam sebuah organisasi tetap terjaga :)

Nah betul tuh lu, ada sebenarnya aku lupa tidak ditulisan, nanti aku tambahin deh.. hehe

Lembaga aku juga sering nih ngadain acara macem gini.
Rasanya seneng aja bisa ikut nimbrung meramaikan program.
Apalagi kalo banyak sponsor dan jumlah pesertanya membludak ..
Aaah selalu kangen kalo kebagian jadi panitia repot pas ada event event seru ..

MANTAP! Hehe
Dulu pas gue ngampus juga pernah ikutan yang beginian. Bukan event2 sih, sekedar sharing2 sesama Muslimpreneur yang ada di kota gue. Bukan hanya mahasiswa, tapi udah ke umum. jujur, manfaatnya banyak banget, gue jadi lebih tau cara dagang n bisnis yang menurut islam itu kayak mana. ya walaupun belum 100% paham dan melakukan. Minimal gue sedikit tau dan mencoba sedikit demi sedikit menerapkannya. hehe

So, selalu sukses blog ini memberikan informasi yang baik. Dilengkapi dengan foto-foto yang lengkap. Bahkan terkadang terlalu banyak. Hehe
Usul aja, jangan terlalu banyak foto deh, kasian yang sinyalnya nak turun. Agak sulit buka2nya. Hihi

SO, semangat ngeblog, bro! :D

Iya mas andi, hehehe sebuah kebanggan tersendiri kalau bisa jadi pengusaha muda yang sukses. Masih butuh banyak belajar dan praktek lagi mas, soalnya aku udah nyoba usaha konter hape tapi masih belum jalan lancar.

komplit bener mas, baru lihat fotonya pak agung owner nya simplyfresh di sini ^^" dulu sempet nglamar kerja disana, tp kagak lolos hahaha

Wah seru ya acaranya.. jadi pengen liat talk shownya

Masih belajar aku juga mas Imron Fhatoni :)

Oh yah, seru tuh mas Khairul :)
Betul sekali mas, senang dan seru pokoknya :)

Semoga ada event seperti itu lagi ya mas..

Wah keren tuh mas, lebih mantep lagi. Tentu dengan dibukanya umum malahan banyak yang datang dan tentu pengalamannya seru.

Alhamdulilah, selagi masih ada waktu bisa terus belajar ya mas, semoga perlahan paham hingga nantinya 100% paham..aamiin..

Hehe.. Terimakasih mas Rifqi :)
Itu juga dikurangin mas, mau gak dimasukin tapi serasa ada yang kurang.. hehe

In shaa Allah. Semangat ngeblog juga mas Rifqi (y)

Bertahap mas Santo, semua berawal dari yang kecil. Semoga perlahan usahanya bisa berjalan dengan lancar, bisa merambah ke usaha yang lainnya juga ya.. aamiin..

Oh yah, wah ada pengalaman tersendiri ternyata ya Wisnu Tri :)

Semoga tidak hanya bisa bekerja ditempat seperti itu, nantinya bisa bikin usahanya sendiri mas .. aamiin..

Iya mas seru, wah kalau dekat mah bisa ikut ya mas .. he

Wah acara penting nih, acara kayak gini harus sering sering di adain, biar para bisnismin tidak salah langkah ketika melakukan jual beli ( biar lebih barokah maksutnya )

Sebenernya kalau menyelenggarakan acara itu yang paling berat persiapan awalnya, kalau waktu acara malah bisa santai :D

Betul mas, jadi bisa belajar sebelum melangkah yang lebih jauh dan ini bisa dijadikan bekal untuk jalannya bisnis nantinya :)

Betul mas, diawal terkadang ada saja rasa takut gagal lah, dan betul di hari H nya agak tenang dan lega. Apalagi disaat selesai. Selain senang tentu alhamdulilah :)

kalo untuk gue kayaknya waktu yng diperlukan untuk persiapan selama lamanya deh :D

acara sekeren ini, pastinya ada orang orang keren yang mengatur jalannya acara, mas andi salah satunya :D

wahahaha, iya..
saya tergolong orang orang penganut ilmu minggu tidur seharian dan gak mandi :v

Hehe.. Lebih cepat itu dengan team mas, bisa berbagi tugas dan bisa juga berbagi ilmu :)

Alahamdulilah, sekeren-kerennya orangnya tetap acara ini bisa berjalan atas izin Allah Swt :)

Hahaha.. rasanya seperti kewajiban aja ya mas, kalau hari Minggu mandi pagi... :D

Halo mas Andi, gimana ini kabarnya! lama ndak terlihat hehehe apa saya yang ngelihat ya!

Story diatas seru sekali mas, dari mulai kegiatan itu direncanakan sampai kegiatan itu selesai, pasti sampean excited banget ya dengan kegiatan ini, saya sendiri membacanya sangat seru sekali... membayangkan jika yang disana itu saya! hahaha

Oke mas Salam Muslimpreneur... hahaha semoga berkah!

Hallo Gus Nur :)
Alhamdulilah baik, luar biasa, Allahuakbar :)

Perasaan aku tetap disini aja kok.. wkwk

Hehe. Betul, selain seru juga menyanangkan jadi panitia, terutama jadi dokumentasi selama acara :)

Coba Gus Nur ada di acara Talk Show Muslimpreneur #2 pasti bakal tambah seru, selain bisa aku foto bisa juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat :)

Salam Muslimpreneur :)
Aamiin, syukron Gus Nus..

Waah ramee dan seruu bangeet acaranyaa yaak. . Semogaaa memberi kebermanfaatan buaat semuaanya. Aamiin. . Salam kenaal 😁😊

Hai, maaf ya, tapi aku merasa postingannya terlalu panjang. Kalau untuk dokumentasi okelah, tetapi kalau diblog, hmmm aku beneran merasa ini terlalu panjang. Misalnya dipotong bagian narasimbernya itu menjadi postingan sendiri. Kan banyak hal menarik dari mereka yang bisa dijadikan postingan sendiri. Maaf yaa. #sungkem.

Menjadi panitia acara itu memang butuh persiapan yabg matang. Aku lebih tertarik ke bisnis syariahnya. Barangkali ada lanjutan dari seminar ini. Oh ya, bolehlah materi di upload. Kalau boleh. :))

Wah kalau ceritanya full lebih panjang ya mas, pokoknya sukses buat mas Andi dab kawan kawan, bisa ikut event muslimpreneur #3

Setuju yang soal seorang muslim nggak hanya fokus akhirat, tapi dunia juga harus berusaha dengan maksimal. Ya, supaya suksesnya dunia akhirat. :D

Emang kalo nulis nama sendiri nanti didesain gitu ya tulisannya, Mas? :p

Asyek banget itu doorprize-nya banyak! Apalagi buku.

Aamiin, terimakasih Lucky Caesar :)
Salam kenal juga ..

Oke tidak apa2 mba :)
kalau materi belum tanya, ada atau tidak di panitia lain..

Betul mas Yog, semoga kita semua bisa sukses dunia akhirat...aamiin..
Gak juga mas.. hehe
Kemarin sebenarnya pgen bantu nulisin aja, tapi ternyata sudah ada..hee

Iya mas, beruntung yang dapat buku itu :)

Iya mas lebih panjang lagi.. hehe
Aamiin, terimakasih mas Santo Ahmad..

Semoga nanti ada kelanjutannya, Muslimpreneur #3

gak ada foto sama cweknya kak? hihi

Sebenarnya ada, tapi di kamera DSLR semua, belum minta. Ini foto dari HP ku semua.. hehe

Sungguh luar biasa persiapannya, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Panitianya benar-benar sibuk, eh tiu parkiran mobilnya benar-benar pendek, karena salah kontruksi tau gimana tu ?
Eh bukunya boleh dong, penasaran banget. Kenapa aku tidak dapat undangan ? khusus mahasiswa kah ?

Mantap! Kegiatan yang positif nih. Keep up a good work.

aamiin, semoga bisa jadi muslimpreneur :)

Thank mas Mirwan Choky :)
Semoga terus bisa mengadakan kegiatan yang positif ya :)

Betul mas, panitia harus bekerja keras demi lancarnya Talk Show Muslimpreneur #2 ini ..

Iya mas benar-benar pendek, aku akurang tahu salah kontruksi atau gimana.. hehe

Sebenarnya ini terbuka umum kok mas, tidak hanya mahasiswa saja. Targetnya daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Tapi Alhamdulilah kemarin ada yang datang jauh-jauh dari Solo.

Untuk penyebaran pamflate bukan aku, tapi setahuku ke kampus-kampus di Yogyakarta sudah disebar.

Btw, rumah mas Djangkaru Bumi daerah mana ya Yogyakarta nya ?

Seperti biasa ndi, cara reportasemu selalu lengkap
Btw bisa kebetulan gitu ya kursi yang di hotel sama yang dibawa dari kampus tipenya sama, kalo beda atuh bisa kliatan belang
Hahaa

Terimakasih mba Nita :)
Iya mba, Alhamdulilah sekali. Coba kalau beda, wah takutnya ada yang berfikiran ko dibeda-bedain.. hehe

Wih alhamdulillah sukses ya acaranya,
Kalau ada di tempat ak, ak ikutan ne. Hehe :-)

semoga mas Andi jadi muslimpreneur yang sukses yaa

Wih, keren banget. Ada acara talkshow kayagini. Gue sendiri baru tau ada acara ginian. Agar kita bisa menjadi entrepreneur yang sesuai syariat Islam. hhe

Alhamdulillaah..., talkshownya sukses ya, MAS Andi, tentu ini berkat persiapan yang matang dan kerja sama yang bagus antarpanitia. Selamat ya, Mas, sebuah acara yang sangat bermanfaat.

wah semakin mepet hari pendaftar baru dikit itu deg-degan sih mas. tapi akhirnya sukses ya. ngadain kegiatan tu emang banyak ceritanya. ntap

huaaaa lancar banget yaaaa
saya jadi flashback nih, pernah jadi koord sie acara roadshow Indonesia Mengajar di kampus. Tapi kegiatannya nggak seprepare kak andi siiiih, hahaha. soalnya, kami terlambat membaca info konfirmasi pengadaan roadshow, jadilah dadakan juga, seminggu shaaaay, hahaha
dan saya didaulat jadi koord acara ketika H-3. ACC lokasi roadshow, didapatkan Jumat sore, padahal acaranya sabtu pagi. duh duuuuh...
tapi alhamdulillah, lancar siiih, menyenangkan, lancar bingits juga siiih
tapi ya gitu, nggak seprepare kak andi

Iya mas Septian. Alhamdulilah :)
Tempatnya dimana gitu mas ?

Semoga dilain waktu ada acara seperti ini di tempat mas Septian ya.. aamiin..

Betul mas, semoga dilain kesempatan bisa mengikuti acacar seperti ini ya mas, atau bisa jadi panitianya langsung. aamiin..

Iya pa Akhmad, alhamdulilah :)
Terimakasih..

Alhamdulilah Ocha Rhoshandha :)
Oh yah, keren tuh cha

Tapi biasanya yang serba dadakan akan lebih keras lagi bekerjanya.. wkwk
Tapi alhamdulilah lancar kan ya..

Semoga dilain waktu kalau ada acara bisa lebih baik lagi ya, yang sudah terjadi dijadikan pelajaran agar lebih baik lagi..

ini yang gue suka dari blog ini, detailnya dapet banget haha.

jadi ingat masa2 ikut organisasi kampus pas bikin seminar. Mulai dari rapatnya, nentuin konsumsi, bikin spanduk, flyer dll. Biasanya gue jadi seksi dokumentasi, ngerekam atau foto sana sini haha. selesai acara juga nyusunin kursinya karena seminar biasanya di gedung serba guna kampus sendiri, capeknya itu kebayar pas acaranya sukses dan diakhiri dengan makan2 bareng :))

Pergaulannya suka banget, Mas. Saling mengingatkan di grup chat. Saya suka pergaulan yang kayak begitu, yang ngajak kebaikan terus.

Oh iya, sukses terus, Mas. Emang paling mantap deh kalo cerita tentang event tertentu. Detail banget.

wih, keren abis. talkshownya tema sama konsepnya keren ya, menggabungkan agama dan kemandirian untuk dijadikan motivasi dalam berbisnis. kayaknya si mas Agung itu inspiratif banget sih, ketahuan dari judul2 bukunya :")

Hahaha.. seru kak acaranya yaaa, disni juga aku beberapa kali ikutan seminar yang sama biasanya abis acara dapet sertifikat gitu.
setrika baju gambarnya juga ga ketinggalan

Selalu suka sama kegiatan yang berbau enterpreneur gini, apalag kaum muslim yang ngadain.
Bagus juga kalau panitianya menyempatkan diri buat sholat dhuha dan tahajud

Terima kasih mas, Joga Tjahja Poetra :)

Jadi nostalgia nih ceritanya ya mas.. hehe
Wah sama tuh jadi seksi dokumentasi. Betul rasanya puas kalau sudah selesai mas, apalagi dilanjut seperti biasa makan-makan :)

Terimakasih Rob..
aamiin.. Sukses juga buat kamu..

Terimakasih bang. Betul mas, selengkapnya mengenai mas Agung bisa di cari di google..

Terimakasih Mayasitha Arifin :)
Wah keren tuh, ada bajunya juga ..

Iya mba Mei, suksesnya acara baiknya memang berjamaah dilaksanakan. Dan harus saling mengingatkan satu sama lain..

Menarik sekali...Muslimpreneur memang luar biasa....
semoga dapat hikmah yang banyak dari acara ini...

btw....foto-fotonya keren-keren...hahaha

Wah pesertanya dari sekitar 80 jadi 170 akhirnya sampe 250. Gila peningkatan yang pesat!

Bapak pembicaranya keren ya punya bisnis plus jadi penulis juga lagi..

Salut juga sama perjuangan yang mau pergi ke Jepang sampe jualan risol segala. Akhirnya dari dana yang seorangnya butuh 11 jt an jadi 6,5 jt an..

Kalo bisnis sesuai dengan aturan agama dalam islam kan Insha Allah dihitung ibadah dan dapet pahala :)

Awal tahun ini kegiatanku buka jurusan baru di SMK, doa'in sukses ya.. Semoga dapet murid yang banyak setidaknya 35 orang lah.. :)

Betul mas Kholid :)
aamiin..

Foto paketunya juga keren tuh . hehe

Iya mba. Alhamdulilah :)

Iya, aku juga salut, keren banget..

Betul mba.. :)


Semoga bisa sampai target 35 orang ya, kalau bisa lebih.. aamiin..

jadi kangen suasana mempersiapkan sebuah acara, sampe nginep2 saking diburu waktu, antar panitianya rasanya jd spt saudara.

keren mas, catatannya lengkap dan ikut bangga byk pengusaha muslim yg sukses seperti itu :-)

Aku pikir kamu sibuk ngejomblo jadi ngak sempet nulis blog hua hua

Sukses terus ya ^^ jangan lupa jaga kesehatan dan blognya di update:p Sekedar saran kalau postingannya panjang mending di buat dua postingan saja.

Welcome back

Alhamdulillah acaranya sukses ^^
Semoga acara berikutnya gak kalah sukses yesss

Kereeen... Acaranya juga keren, jadi wajar kalo yang dateng banyak. Buat yang ngurusin kayak gitu pasti capek banget, soalnya saya dulu pernah juga jadi panitia acara, tapi tentu aja tetep seneng krn hasilnya juga baik. Alhamdulillah ya acaranya juga sukses...

Sulit banget hubungin temen mas, mau nggak mau samperin ke rumahnya, hahaha... Tapi meski capek dan ribet, senangnya bukan main ya mas. Jadi nostalgia

Tulisannya cukup detil, kok. Semoga semakin banyak tercipta muslimpreneur terutama di kalangan anak muda. aamiin

keren mas acaranya, semoga sering diadakan acara yg seperti ini dan membawa inspirasi baru serta berkah bagi yang mengikutinya...kog jarang update blog mas ??

Wah keren, pasti nginep2nya itu jadi kenangan ya.. Betul serasa jadi dekat dan seperti keluarga..

Aamiin, terimakasih :)

Justru ngejomblo itu jadi banyak waktu om.. wkwk

Aamiin,, In shaa Allah.. Di jaga, karena sehat, maka ngeblognya bisa jalan :)

Bisa disave tuh sarannya. Thank ya..

Terimakasih Erni Anggraini :)
Oh gitu, wah lebih pengalaman ya mba.. hehe

In shaa Allah, persiapan yang matang akan membuahkan hasil yang keren nan sukses :)

Terimakasih mas Yosef Krisnadi..
Aamiin..

Kemarin belum sempat karena ada acara terus, in shaa Allah kedepannya di perbaiki.. Jadwal postku biasanya 1 Minggu sekali :)

wah, keren banget acaranya.. sangat menginspirasi :) dan alhamdulillah acaranya juga sukses.. yeaayyyy
gak sia2 kerja keras para penyelenggara hehe

Duuuhh... Jadi kangen Jadi anak kuliahan nih... :(

Iya, alhamdulilah :)
Betul, kerja keras dan kerja team memang membuahkan hasil :)

Alhamdulillah mas, saya ikut senang lanjutkan even demi evennya.

Pasti kampusnya akan menyokong dana kok.

Terima kasih sudah membaca. Silahkan tinggalkan komentar, karena komentar kalian semua sangat berarti bagiku. Sebuah komentar bisa memotivasi seorang blogger agar bisa terus berbagi dan menginspirasi malalui tulisan.

Berkomentarlah dengan sopan, karena itu bisa mencerminkan dirimu sendiri.
In shaa Allah aku sempatkan untuk membalas satu persatu.

Sahabatmu,
Andi Nugraha
EmoticonEmoticon